CONTOH
PENILAIAN AUTENTIK DALAM PPKn
Hasil belajar
yang perlu diperhatikan dalam mata pelajaran PPKnadalah :
a.
Pemahaman
akan hak dan kewajiban diri sebagai warga negara, yaitu aspek kognitif sebagai
hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
b.
Kepribadian,
yaitu beberapa aspek kepribadian sebagaimana disebutkan dalam Kerangka Dasar
dan Struktur Kurikulum.
c.
Perilaku
berkepribadian, yaitu berbagai bentuk perilaku sebagai penerjemahan dimilikinya
ciri-ciri kepribadian warga negara Indonesia.
Penilaian authentic dalam mata pelajaran PPKn
dilakukan melalui:
a.
Pengamatan terhadap perubahan perilaku dan sikap untuk
menilai perkembangan afeksi dan kepribadian peserta didik;
b. Ujian,
ulangan, dan/atau penugasan untuk mengukur aspek kognitif peserta didik.
Contoh pengamatan aspek kepribadian dan indikator perilaku dapat dilhat
pada tabel berikut.
Tabel Penilaian
terhadap aspek kepribadian peserta didik
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
1
|
Disiplin
|
Datang dan pulang tepat
waktu
mengikuti kegiatan
dengan tertib
|
2
|
Bersih
|
Membuang sampah pada
tempatnya
|
Mencuci tangan sebelum
makan
|
||
Membersihkan tempat
kegiatan
|
||
Merawat kebersihan diri
|
||
3
|
Tanggungjawab
|
Menyelesaikan tugas
pada waktunya
|
Berani menanggung
resiko
|
||
4
|
Sopan Santun
|
Berbicara dengan sopan
|
Bersikap hormat pada
orang lain
|
||
Berpakaian sopan
|
||
Berposisi duduk yang
sopan
|
||
5
|
Hubungan Sosial
|
Menjalin hubungan baik dengan guru
|
Menjalin hubungan baik dengan sesama teman
|
||
Menolong teman
|
||
Mau bekerjasama dalam
kegiatan yang positif
|
||
6
|
Jujur
|
Menyampaikan pesan apa
adanya
|
Mengatakan apa adanya
|
||
Tidak berlaku curang
|
||
7
|
Pelaksanaan ibadah
ritual
|
Melaksanakan sembahyang
|
Menunaikan ibadah puasa
|
||
Berdoa
|
Bertanggungjawab
|
a. Tidak menghindari kewajiban
b.
Melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan
c. Menaati tata tertib sekolah
d. Memelihara fasilitas sekolah
|
Percaya Diri
|
a. Tidak mudah menyerah
b. Berani menyatakan pendapat
c. Berani bertanya
d. Mengutamakan usaha sendiri daripada bantuan
|
Saling Menghargai
|
a.
Menerima pendapat yang berbeda
b. Memaklumi kekurangan orang lain
c. Mengakui kelebihan orang lain
d. Dapat bekerjasama
|
Bersikap Santun
|
a. Menerima nasihat guru
b. Menghindari permusuhan dengan teman
c. Menjaga perasaan orang lain
|
Kompetitif
|
a. Berani bersaing
b. Menunjukkan semangat berprestasi
c. Berusaha ingin lebih maju
d. Memiliki keinginan untuk tahu
|
Aspek penilaian authentic
Semangat kurikulum sekarang
mengamanatkan bahwa kompetensi harus meliputi tiga ranah, yaitu pengetahuan
sikap dan keterampilan dari semua bidang. Oleh karena itu perlu adanya jabaran
mengenai aspek penilaian authentic dalam PPKn. Secara khusus aspek yang akan
dimunculkan dalam untuk mengetahui kualitas belajar PPKn adalah (1) pemahaman
konsep PPKn, (2) kemampuan pemecahan masalah dan (4) sikap PPKn.
Teknik dalam penilaian authentik PPKn
Setiap teknik penilaian harus
dibuatkan instrumen penilaian yang sesuai. Tabel berikut menyajikan klasifikasi
penilaian dan bentuk instrumen.
Tabel Klasifikasi
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
• Tes tertulis
|
• Tes pilihan: pilihan ganda,
benar-salah, menjodohkan dll.
• Tes isian: isian singkat dan uraian
|
• Tes lisan
|
• Daftar pertanyaan
|
• Tes praktik (tes kinerja)
|
• Tes identifikasi
• Tes simulasi
• Tes uji petik kinerja
|
• Penugasan individual atau
kelompok
|
• Pekerjaan rumah
• Projek
|
• Penilaian portofolio
|
• Lembar penilaian portofolio
|
• Jurnal
|
• Buku cacatan jurnal
|
• Penilaian diri
|
• Kuesioner/lembar penilaian
diri
|
• Penilaian antarteman
|
• Lembar penilaian antarteman
|
Instrumen tes berupa perangkat
tes yang berisi soal-soal, instrumen observasi berupa lembar pengamatan,
instrumen penugasan berupa lembar tugas projek atau produk, instrumen
portofolio berupa lembar penilaian portofolio, instrumen inventori dapat berupa
skala Thurston, skala Likert atau skala Semantik, instrumen penilaian diri
dapat berupa kuesioner atau lembar penilaian diri, dan instrumen penilaian
antarteman berupa lembar penilaian antarteman. Setiap instrumen harus
dilengkapi dengan pedoman penskoran.
Berikut ini disajikan
contoh-contoh instrumen penilaian.
Contoh instrumen observasi
(lembar pengamatan)
Nomor
Butir
|
Aspek
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
01
|
|
|
|
|
|
|
02
|
|
|
|
|
|
|
03
|
|
|
|
|
|
|
04
|
|
|
|
|
|
|
05
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor 5 :
sangat tepat, 4 : tepat, 3 : agak tepat, 2 : tidak tepat, dan skor 1 : sangat
tidak tepat
Pengolahan
Skor yang
dicapai peserta didik dapat diolah menjadi nilai sebagai berikut.
N =
(Skor pencapaian : Skor maksimal)x 100.
Contoh instrumen penilaian tugas: Projek
Dalam
penilaian projek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan yaitu:
· Kemampuan pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik,
mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan,
· Relevansi
Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan
tahap perkembangankognitif peserta didik,
· Keaslian
Projek yang dilakukan peserta didik harus
merupakan hasil karyanya dengan bimbingan pendidik dan dukungan berbagai pihak
yang terkait.
Pedoman penskoran
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Persiapan
Rumusan masalah (tepat = 3; kurang
tepat = 2, tidak tepat = 1)
|
3
1 - 3
|
2
|
Pelaksanaan
a. Pengumpulan informasi (tepat = 3;
kurang tepat = 2, tidak tepat = 1)
b. Keakuratan data/informasi (akurat =
3; kurang = 2; tidak akurat = 1)
c. Kelengkapan data (lengkap = 3;
kurang = 2; tidak lengkap = 1)
d. Analisis data (baik = 3; cukup = 2;
kurang = 1)
e. Kesimpulan (tepat = 2; kurang tepat
= 1)
|
14
1 – 3
1 – 3
1 – 3
1 – 3
1 - 2
|
3
|
Pelaporan hasil
Sistematika laporan (baik = 2; tidak baik = 1)
Penggunaan bahasa (komunikatif = 2;
kurang komunikatif = 1)
Penulisan/ejaan (tepat = 3; kurang
tepat = 2; tidak tepat/banyak kesalahan =1)
Tampilan (menarik = 2; kurang menarik =
1)
|
9
1 – 2
1 – 2
1 – 3
1 - 2
|
Skor maksimal
|
26
|
Contoh instrumen penilaian tugas: Produk
Penilaian
produk terdiri atas 3 (tiga) tahap yaitu:
· Tahap persiapan, meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam
merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan, dan mendesain produk.
· Tahap pelaksanaan (pembuatan produk), meliputi: penilaian kemampuan
peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik
pembuatan.
· Tahap penilaian hasil karya (appraisal),
dilakukan terhadap karya (produk) yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria
yang ditetapkan.
Skor untuk setiap tahap dapat
diberi bobot, misalnya untuk persiapan 20%, pelaksanaan 40%, dan hasil 40%.
Contoh soal produk mata
pelajaran PPKn: membuat karya tulis ”anti narkoba”.
Pedoman penskoran
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Tahap persiapan
a. Sistematika Proposal (tepat = 2; tidak tepat = 1)
b. Kualitas isi (baik = 3; cukup = 2; kurang = 1)
c. Kelengkapan (lengkap = 2; tidak lengkap = 1)
|
7
1 – 2
1 – 3
1 – 2
|
20 %
|
2
|
Tahap pelaksanaan
a. Menentukan penulisan
kalimat yang menarik (menarik = 3; cukup = 2; kurang = 1)
b. Sistematika (sistematis
= 3; cukup = 2; kurang = 1)
c. Kedalaman isi (luas dan
relevan = 3; relevan = 2; tidak = 1)
|
9
1 – 3
1 – 3
1 – 3
|
40%
|
3
|
Tahap hasil
a. Selesai tepat waktu ( tepat
= 2; tidak tepat = 1)
b. Kesesuaian dengan tugas
(sesuai = 3; kurang = 2; tidak = 1)
c. Kerapian (rapi = 2; tidak =
1)
|
7
1 – 2
1 – 3
1 – 2
|
40%
|
Contoh instrumen inventori menggunakan skala beda (berdiferensi) Semantik
Petunjuk
Berilah tanda V pada kolom berikut sesuai dengan
pilihanmu terhadap pembelajaran ekonomi. Kolom a, b, dan c cenderung mendekati
pernyataan di sebelah kiri, sedangkan kolom e, f, dan g cenderung mendekati
pernyataan di sebelah kanan.
Kiri
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
f
|
g
|
Kanan
|
Membosankan
|
|
|
|
|
|
|
|
Menarik
|
Bermanfaat
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak bermanfaat
|
Menyenangkan
|
|
|
|
|
|
|
|
Merepotkan
|
Menantang
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak menantang
|
Tidak memberatkan
|
|
|
|
|
|
|
|
Memberatkan
|
Membuang-buang waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
Menguntungkan
|
Contoh instrumen inventori menggunakan skala Likert, misalnya untuk
kegiatan yang berhubungan dengan mata pelajaran PPKn
Petunjuk:
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah
tanda V pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu!
SS = sangat setuju
TS =
tidak setuju
S = setuju
ST
= sangat tidak setuju
Contoh inventori skala Likert
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelajaran PPKn
membosankan
|
|
|
|
|
3
|
Saya senang
mengikuti acara televisi yang berhubungan dengan PPKn
|
|
|
|
|
4
|
Saya tidak menyukai
karir di bidang PPKn
|
|
|
|
|
5
|
Saya suka
berkunjung ke museum untuk menambah pengetahuan di bidang PPKn
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
Catatan
Pernyataan pada instrumen di atas ada yang
bersifat positif (No.1, 3, 5, 6, 8) dan ada yang bersifat negatif (No 2, 4, 7).
Pemberian skor untuk pernyataan yang bersifat positif : SS = 4, S = 3, TS = 2,
STS = 1. Untuk pernyataan yang bersifat negatif adalah sebaliknya yaitu
4 = STS, 3 = TS, 2 = S, dan 1 = SS.
1.
Contoh instrumen penilaian diri (kuesioner), misalnya
untuk kegiatan yang berhubungan dengan mata pelajaran PPKn
Petunjuk:
a. Isilah semua pernyataan dengan jujur.
b. Berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan kenyataan.
TP = Tidak pernah melakukan SR =
sering melakukan
JR = Jarang melakukan SL =
selalu melakukan
KD = Kadang-kadang melakukan
No
|
Pernyataan
|
TP
|
JR
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan PPKn
kepada teman-teman
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya bertanya kepada guru hal-hal yang berhubungan
dengan mata pelajaran PPKn
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya menyempatkan diri membaca artikel yang berkaitan
dengan PPKn di majalah/koran
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya mendengarkan informasi yang berhubungan dengan PPKn
dari radio
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya menonton tayangan di televisi yang berkaitan dengan
PPKn, misalnya Siaran Berita
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya hadir setiap ada jam pelajaran PPKn di sekolah
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya membuat catatan yang rapi untuk mata pelajaran PPKn
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya menyerahkan tugas PPKn tepat waktu
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya menerapkan pengetahuan PPKn dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
10
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Pengolahan
Pada contoh di atas penskoran untuk setiap pernyataan
menggunakan rentang 1 – 5. Skor 1 untuk TP, 2 = JR, 3 = KD, 4 = SR, dan 5 = SL.
Dengan 9 butir pernyataan rentang skor adalah 9 – 45.
Kualifikasi
Berdasarkan jawaban, kegiatan setiap peserta didik
untuk mata pelajaran PPKn dikelompokkan sebagai berikut
Amat Baik : Skor 37 – 45
Baik : Skor 28 – 36
Cukup : Skor 19 – 27
Kurang : Skor <
19
7. Contoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman untuk kegiatan
diskusi kelompok mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Petunjuk:
a.
Pada waktu melakukan diskusi kelompok, amatilah perilaku
temanmu dengan cemat!
b.
Berilah tanda V pada kolom yang sesuai (ya atau tidak)
berdasarkan hasil pengamatanmu!
c.
Serahkan hasil pengamatan kepada bapak/ibu guru!
Daftar periksa pengamatan sikap dalam
diskusi kelompok
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
No
|
Perilaku / sikap
|
Muncul/ dilakukan
|
|
|
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Memberi kesempatan teman untuk menyampaikan pendapat
|
|
|
2
|
Memotong
pembicaraan teman lain
|
|
|
3
|
Menyampaikan
pendapat dengan jelas
|
|
|
4
|
Mau menerima
pendapat teman
|
|
|
5
|
Mau menerima
kritik dari teman
|
|
|
6
|
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya
|
|
|
7
|
Menyanggah pendapat teman dengan sopan
|
|
|
8
|
Mau mengakui kalau pendapatnya salah
|
|
|
9
|
Menerima
kesepakatan hasil diskusi
|
|
|
10
|
Dst
|
|
|
Nama pengamat
……………………..
Setiap instrumen penilaian
authenticharus memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, dan bahasa.
Persyaratan substansi merepresentasikan kompetensi yang dinilai. Persyaratan
konstruksi merepresentasikan persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen
yang digunakan. Persyaratan bahasa berhubungan dengan penggunaan bahasa yang
baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta
didik. Instrumen penilaian authenticdilengkapi
dengan pedoman penskoran.
Penutup
Kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari proses
pembelajaran adalah penilaian. Penilaian haruslah tertuju pada peningkatan
kualitas belajar siswa dan kualitas pembelajaran.Penilaian authentic hakekatnya adalah menggali informasi sebenarnya tentang kemampuan
siswa dalam belajar. Tetapi perlu dicatat bahwa penilaian authentic bukan refleksi dari kemampuan yang telah dimiliki
melainkan refleksi terhadap kemampuan yang dapat dikembangkan.
.
Daftar Pustaka
Sudarwan, Prof., (2013), Asesmen Otentik, Makalah pada Workshop
Kurikulum, Jakarta
Badan Standar Nasional
Pendidikan (2007). Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan
Kepribadian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
http://www.eduplace.com/rdg/res/litass/auth.html diakses 17 Februari 2013
http://www.ntu.edu.vn diakses 17 Februari 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar