Business

Selasa, 16 Desember 2014

Contoh Outline Kuantitatif


OUTLINE PENELITIAN

A.      JUDUL
UPAYA MENINGKATKAN  PRESTASI  BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS SEJARAH DENGAN MENGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SUB POKOK BAHASAN PENINGGALAN KEBUDAYAAN MASA MEGALITHITIKUM   PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 KELAM PERMAI KABUPATEN SINTANG
B.       Latar Belakang
Proses belajar merupakan suatu dasar yang fundamental dalam proses penyesuaian diri. Hal ini karena melalui belajar, pola-pola respons yang membentuk kepribadian akan berkembang. Sebagian besar respons dan cirri-ciri kepribadian banyak diperoleh dari  proses belajar daripada secara  diwariskan. Dalam proses penyesuaian diri, belajar merupakan suatu proses modifikasi tingkah laku sejak fase-fase awal dan berlangsung terus sepanjang hayat dan diperkuat dengan kematangan (Dra. Enung Fatimah, M.M) dalam psikologi perkembanga peserta didik. 
Proses belajar mengajar telah setua umum manusia di bumi. Hal itu telah dilakukan manusia dan bahkan hewan mengajar anak-anak dan generasi muda agar dapat menyesuaikan diri secara baik dengan lingkungannya. Proses tersebut telah berlangsung lama dan mengalami perubahan dari non-formal kepada formal dalam beberapa masa. Mengajar seperti yang dipahami secara tradisional oleh guru tradisional adalah suatu kegiatan untuk mendiseminasikan informasi kepada siswa di dalam kelas. Itu secara umum disamakan dengan memberitahu (telling). Jika diamati apa yang terjadi dalam kelas tradisional akan ditemukan suatu situasi di mana guru menyampaikan informasinya atau salah seorang siswa membacakan dengan keras buku pelajaran dan lainnya mengikuti dengan diam dari buku pelajaran masing-masing. Mungkin konsep mengajar seperti inilah yang digunakan guru-guru tradisional.
Pendidikan merupakan salah satu unsur yang tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia. Kehidupan yang semakin maju juga dipengaruhi oleh peranan dunia pendidikan. Demikian juga pada era globalisasi sekarang ini, pendidikan sangatlah penting dimiliki oleh setiap masyarakat suatu negara agar mampu bersaing dalam menjalankan aktivitas ekonomi dan sektor kehidupan lainnya. oleh karena itu pendidikan harus senantiasa ditingkatkan demi kelangsungan hidup suatu negara.
Pendidikan di Indonesia pada saat ini belum dapat dikatakan sudah maju, masih banyak masalah yang belum mampu diatasi. Sesungguhnya masalah ini bukanlah sepenuhnya tanggungjawab pemerintah tetapi juga setiap warga negara yang baik harus senantiasa turut memperhatikan dunia pendidikan demi kemajuan bersama. Masalah-masalah dalam dunia pendidikan seringkali muncul baik itu faktor dari dalam maupun dari luar. Hambatan dan masalah-masalah dalam dunia pendidikan itu seperti masih rendahnya mutu pendidikan, masih kurangnya tenaga pendidik, kekurangan sarana dan prasarana dan masalah lainnya. Di samping itu juga terdapat faktor yang berasal dari peserta didik seperti sulitnya memahami pelajaran. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul “  UPAYA MENINGKATKAN  PRESTASI  BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS SEJARAH DENGAN MENGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SUB POKOK BAHASAN PENINGGALAN KEBUDAYAAN MASA MEGALITHITIKUM   PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 KELAM PERMAI KABUPATEN SINTANG”
C.       Masalah Penelitian
Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPS Sejarah pada pokok bahasan  pada siswa kelas VII SMPN 3 Kelam Permai Kabupaten Sintang  dengan menggunakan media gambar?
D.      Variabel Penelitian
Variabel dapat diartikan sebagai sesuatu yang akan menjadi objek penelitian. Dari penelitian ini terdapat dua variabel yaitu :
1.                                 Penggunaan media gambar dalam pembelajaran sejarah
2.                                 Prestasi belajar

E.       Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Untuk menjawab masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini diperlukan sejumlah data yang mendukung. Untuk mendapatkan data secara objektif hendaknya didukung dengan penggunaan teknik dan alat pengumpul data yang tepat. Menurut Hadari Nawawi (2001:95) sebagai berikut :
a.       Teknik observasi langsung
b.      Teknik observasi tak langsung
c.       Teknik komunikasi langsung
d.      Teknik komunikasi tak langsung
e.       Teknik studi dokumenter
Teknik yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung. Selain itu digunakan juga teknik komunikasi tak langsung dan observasi langsung.
F.       Rencana Analisis Data
Teknik analisis data yang diperoleh melalui angket dengan menggunakan perhitungan statistik. Perhitungan statistik tersebut mempergunakan rumus prosentase sebagai berikut :
           

Keterangan :
P  = prosentase
N = nilai yang diperoleh
m = total
Teknik analisis ini digunakan sesudah menggunakan media gambar. Sedangkan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa menggunakan rumus sebagai berikut :
               


Keterangan :
   = rata-rata prestasi siswa
X = skor total semua siswa
N = banyaknya siswa







Diketahui                                                                                Pontianak,    April 2012
Ketua/ Sekretaris Prodi Sejarah                                          Mahasiswa


Drs. Agus Sastrawan Noor, M. Si                                       Imakulata

Disetujui Oleh
Pembantu Ketua 1 STKIP-PGRI PONTIANAK


MUSA, S.Pd, M.Pd
Nip.196112251982101001




Tidak ada komentar:

Posting Komentar