OUTLINE
PENELITIAN
A.
JUDUL
UPAYA
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS SEJARAH DENGAN
MENGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SUB POKOK BAHASAN PENINGGALAN KEBUDAYAAN MASA
MEGALITHITIKUM PADA SISWA KELAS VII
SMPN 3 KELAM PERMAI KABUPATEN SINTANG
B.
Latar Belakang
Proses belajar merupakan suatu dasar
yang fundamental dalam proses penyesuaian diri. Hal ini karena melalui belajar,
pola-pola respons yang membentuk kepribadian akan berkembang. Sebagian besar
respons dan cirri-ciri kepribadian banyak diperoleh dari proses belajar daripada secara diwariskan. Dalam proses penyesuaian diri,
belajar merupakan suatu proses modifikasi tingkah laku sejak fase-fase awal dan
berlangsung terus sepanjang hayat dan diperkuat dengan kematangan (Dra. Enung
Fatimah, M.M) dalam psikologi perkembanga peserta didik.
Proses belajar mengajar telah setua umum
manusia di bumi. Hal itu telah dilakukan manusia dan bahkan hewan mengajar
anak-anak dan generasi muda agar dapat menyesuaikan diri secara baik dengan
lingkungannya. Proses tersebut telah berlangsung lama dan mengalami perubahan
dari non-formal kepada formal dalam beberapa masa. Mengajar seperti yang
dipahami secara tradisional oleh guru tradisional adalah suatu kegiatan untuk
mendiseminasikan informasi kepada siswa di dalam kelas. Itu secara umum
disamakan dengan memberitahu (telling). Jika diamati apa yang terjadi dalam
kelas tradisional akan ditemukan suatu situasi di mana guru menyampaikan
informasinya atau salah seorang siswa membacakan dengan keras buku pelajaran dan
lainnya mengikuti dengan diam dari buku pelajaran masing-masing. Mungkin konsep
mengajar seperti inilah yang digunakan guru-guru tradisional.
Pendidikan merupakan
salah satu unsur yang tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia. Kehidupan
yang semakin maju juga dipengaruhi oleh peranan dunia pendidikan. Demikian juga
pada era globalisasi sekarang ini, pendidikan sangatlah penting dimiliki oleh
setiap masyarakat suatu negara agar mampu bersaing dalam menjalankan aktivitas
ekonomi dan sektor kehidupan lainnya. oleh karena itu pendidikan harus
senantiasa ditingkatkan demi kelangsungan hidup suatu negara.
Pendidikan di Indonesia pada saat ini
belum dapat dikatakan sudah maju, masih banyak masalah yang belum mampu
diatasi. Sesungguhnya masalah ini bukanlah sepenuhnya tanggungjawab pemerintah
tetapi juga setiap warga negara yang baik harus senantiasa turut memperhatikan
dunia pendidikan demi kemajuan bersama. Masalah-masalah dalam dunia pendidikan
seringkali muncul baik itu faktor dari dalam maupun dari luar. Hambatan dan
masalah-masalah dalam dunia pendidikan itu seperti masih rendahnya mutu
pendidikan, masih kurangnya tenaga pendidik, kekurangan sarana dan prasarana
dan masalah lainnya. Di samping itu juga terdapat faktor yang berasal dari
peserta didik seperti sulitnya memahami pelajaran. Oleh karena itu penulis
melakukan penelitian dengan judul “ UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS SEJARAH DENGAN MENGUNAKAN MEDIA GAMBAR
PADA SUB POKOK BAHASAN PENINGGALAN KEBUDAYAAN MASA MEGALITHITIKUM PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 KELAM PERMAI
KABUPATEN SINTANG”
C.
Masalah Penelitian
Bagaimana upaya meningkatkan prestasi
belajar siswa dalam pelajaran IPS Sejarah pada pokok bahasan pada siswa kelas VII SMPN 3 Kelam Permai
Kabupaten Sintang dengan menggunakan
media gambar?
D.
Variabel Penelitian
Variabel dapat diartikan sebagai sesuatu
yang akan menjadi objek penelitian. Dari penelitian ini terdapat dua variabel
yaitu :
1.
Penggunaan media gambar dalam pembelajaran sejarah
2.
Prestasi belajar
E.
Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Untuk menjawab masalah yang
dirumuskan dalam penelitian ini diperlukan sejumlah data yang mendukung. Untuk
mendapatkan data secara objektif hendaknya didukung dengan penggunaan teknik
dan alat pengumpul data yang tepat. Menurut
Hadari Nawawi (2001:95) sebagai berikut :
a.
Teknik observasi
langsung
b.
Teknik observasi tak
langsung
c.
Teknik komunikasi
langsung
d.
Teknik komunikasi tak
langsung
e.
Teknik studi
dokumenter
Teknik yang akan digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung. Selain itu digunakan juga
teknik komunikasi tak langsung dan observasi langsung.
F.
Rencana Analisis Data
Teknik
analisis data yang diperoleh melalui angket dengan menggunakan perhitungan
statistik. Perhitungan statistik tersebut
mempergunakan rumus prosentase sebagai berikut :
Keterangan :
P
= prosentase
N = nilai yang diperoleh
m = total
Teknik analisis ini digunakan sesudah menggunakan media
gambar. Sedangkan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa menggunakan
rumus sebagai berikut :
Keterangan :
= rata-rata prestasi siswa
X = skor total semua siswa
N = banyaknya siswa
Diketahui Pontianak, April 2012
Ketua/ Sekretaris
Prodi Sejarah Mahasiswa
Drs. Agus
Sastrawan Noor, M. Si Imakulata
Disetujui Oleh
Pembantu Ketua 1 STKIP-PGRI PONTIANAK
MUSA, S.Pd, M.Pd
Nip.196112251982101001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar